Ibadah Haji dan Umrah Lebih Tenang dan Khusyuk Bersama Hasanah Tour & Travel Semarang

“Bagaimana nasib kami, Pak? Uang tabungan bertahun-tahun raib.” tangisan seorang ibu paruh baya memiriskan hati. Kedua tangannya saling meremas, menampakkan kegundahan luar biasa.

Beberapa korban penipuan umrah duduk tanpa bicara di pos satpam. Bahasa tubuh mereka lesu, kehilangan semangat hidup.

Pak satpam perumahan kami tak mampu berkata-kata.

Hanya bisa mengulurkan sekotak tisu dan segelas air mineral untuk melegakan perasaan ibu itu.

Ibadah Haji dan Umrah Lebih Tenang dan Khusyuk Bersama Hasanah Tour & Travel Semarang

Itulah kejadian beberapa tahun lalu, ketika rumah besar yang lokasinya tepat di depan rumahku dan dikontrakkan selama setahun ternyata menjadi kantor biro umrah abal-abal. Belasan orang setiap hari menyambangi perumahan kami dan hanya mendapati sebuah rumah kosong ditinggal penyewanya. 

Ya, kantor di depan rumahku adalah sebuah biro umrah yang mengiming-imingi paket umrah dengan biaya murah. Lebih dari 20 orang telah menyetorkan uangnya. Tak disangka, jelang tanggal keberangkatan tak ada kabar apa pun dari penyelenggara. Mereka pun mendatangi kantor dan penghuninya ternyata telah menghilang. Tak ada jadwal keberangkatan umrah. Uang mereka digondol maling. Yang tersisa, hanya keluh-kesah korban di pos satpam yang hanya bisa kami dengarkan dengan hati sesak.

Tak Ada Lagi Kekhawatiran

Sedih dan miris, karena kisah pilu seperti ini tak hanya sekali dua kali terjadi di negara kita. Animo masyarakat yang besar sekali untuk berangkat ke Tanah Suci, dikhianati oleh sekelompok orang untuk meraup keuntungan.

Tak heran, banyak orang yang sangat ingin berangkat tapi tak jua kunjung mengurusnya karena khawatir tertipu biro umrah abal-abal yang merajalela. Latar belakang inilah yang membuat para pendiri Hasanah Tour and Travel tergerak untuk mendirikan biro umrah yang aman dan terpercaya untuk para jamaah. Mereka ingin meng-counter isu bahwa biro umrah kebanyakan penipu dan abal-abal.

Ibadah Haji dan Umrah Lebih Tenang dan Khusyuk Bersama Hasanah Tour & Travel Semarang

Ya, biro umrah yang punya komitmen besar untuk melayani jamaah beribadah dengan sebaik-baiknya, harus berkelahi dengan prasangka negatif masyarakat. Suatu PR yang cukup berat bagi biro haji dan umrah yang jujur dan amanah.

Hasanah Tour and Travel memiliki keinginan ingin menyiarkan agama Islam lebih luas lagi lewat ibadah haji dan umrah. Hasanah Tour and Travel adalah brand dari PT. Asyesa. 

Hasanah Tour and Travel adalah biro perjalanan yang melayani haji plus dan umrah yang mengedepankan layanan yang amanah, ramah, dan penuh totalitas. Dengan legalitas atau perizinan yang lengkap untuk haji dan umrah membuat Hasanah makin mantap melayani tamu Allah. Hasanah resmi terdaftar di Kemenag sebagai penyelenggara perjalanan ibadah haji dan umrah.

Jumat pagi yang indah (06/09), blogger Semarang diundang untuk mengunjungi dan kenal lebih dekat dengan Hasanah Tour and Travel Semarang di Simpang Lima. Biro umrah Hasanah Kantor Cabang Utama Semarang dimiliki dan dikelola oleh Ibu Rita Rhoy Kana dan Pak Agung Budi Margono, suaminya.

Awalnya, kantor mereka beberapa kali pindah lokasi hingga akhirnya menempati sebuah ruangan di Masjid Baiturrahman di Simpang Lima yang strategis. Lokasi yang strategis, memudahkan para ca lon jamaah haji dan umrah mendatangi kantor dan berdiskusi langsung tentang rencana ibadah mereka. Biro umrah Hasanah melayani ibadah umrah dan haji serta wisata halal seperti ke Turki dan Masjid Al Aqsa di Palestina.

Melayani Sepenuh Hati 

Motto Hasanah Tour and Travel Semarang adalah melayani sepenuh hati. Hal ini mereka tunjukkan dengan pelayanan mereka yang tulus kepada para jamaah. Mereka merasa, jamaah sudah menabung bertahun-tahun, menyisihkan uang yang tak sedikit demi bisa beribadah dengan khusyuk, maka jamaah harus diberikan pelayanan sepenuh hati. Kepuasan jamaah nomor satu.

Semangat melayani dengan sepenuh hati ini tercermin dalam komitmen mereka bahwa apa yang sudah diakadkan di awal, akan mereka berikan sepenuhnya untuk jamaah. Jadi, sebisa mungkin jamaah terpenuhi segala haknya untuk mendapatkan pelayanan penuh saat beribadah bersama Hasanah.

Pelayanan Tulus Hasanah

Sementara, kita tahu sendiri ya aturan-aturan yang terkait penyelenggaraan umrah dan haji ini mudah berubah. Baik aturan pemerintah Republik Indonesia, aturan dari pemerintah Arab Saudi hingga regulasi penerbangan dan maskapai.

Ibadah Haji dan Umrah Lebih Tenang dan Khusyuk Bersama Hasanah Tour & Travel Semarang

Yang sering terjadi adalah pihak hotel yang nakal. Mereka sudah menerima dan sepakat menerima tamu pada tanggal yang ditentukan. Tapi, pada hari H, mereka bisa mengembalikan uang biro karena ada rombongan lain yang berani membayar tinggi untuk kamarnya. Sungguh tak beretika, ya. itulah, pihak biro akan berusaha menggantikan kamar hotel yang setara sesuai akad awal dengan jamaah. Jangan sampai, hotel dan fasilitas yang jamaah dapatkan malah downgrade.

5 Pasti dari Kementerian Agama:

1.      Pasti Travelnya.

2.      Pasti Jadwalnya.

3.      Pasti Terbangnya.

4.      Pasti Hotelnya.

5.      Pasti Visanya.

Ibadah Haji dan Umrah Lebih Tenang dan Khusyuk Bersama Hasanah Tour & Travel Semarang

Ibu Rita mengingatkan pada calon jamaah umrah. Pastikan jamaah memegang tiket pesawat pulang-pergi. Jangan sampai, kita hanya memegang tiket berangkat sedangkan tiket pulang masih mereka cari! Hal ini beresiko untuk keselamatan dan keamanan jamaah karena visa bisa keluar jika ada tiket pesawat PP.

Mengapa Harus Hasanah Tour and Travel?

1.      Terjamin Secara Hukum

Hasanah memiliki legalitas lengkap sesuai regulasi yang berlaku. Yaitu Izin Kemenag RI No 548 Tahun 2017, Izin Umroh (PPIU) PT. Asyesa No. U.556 Tahun 2020 dan Izin Haji (PIHK) PT. Asyesa No. 176 Tahun 2021.

2.      Harga Paket Kompetitif, Jujur, dan tidak Ada Biaya Tersembunyi

Hasanah Tour and Travel selalu mengupayakan HARGA JUJUR. Tak ada biaya tersembunyi diluar akad antara Hasanah dan jamaah. Kepercayaan adalah modal sebuah biro umrah. Jangan sampai, jamaah takut ke Tanah Suci karena khawatir tertipu biro abal-abal. Pihak Hasanah berkomitmen para jamaah takkan mengeluarkan biaya apa pun selain biaya paket umrah dan haji yang mereka bayarkan. Barang perlengkapan ibadah dikirimkan ke rumah masing-masing jamaah.

3.      Pelayanan Berorientasi pada Kepuasan Jamaah

Mengutamakan pelayanan yang beroorientasi pada kepuasan jamaah sesuai dengan akad sebagai landasan.

4.      Perjalanan Didampingi 3 Pendamping Profesional

Kelebihan lainnya di Hasanah, ada tiga pendamping untuk setiap rombongan jamaah yang terdiri dari 44 orang. Ketiga pendamping ini adalah tour leader berpengalaman, ustaz pembimbing ibadah yang mumpuni, dan juga seorang muthawif berpengalaman di tanah suci.

Baca Juga: Cara Mudah Anak Menghafal Quran

Hasanah hanya merekrut pelajar dan lulusan universitas ternama di sana seperti mahasiswa atau lulusan dari Universitas Al Azhar Mesir, Universitas Islam Madinah, dan dari Qassim University Mekah, untuk menjadi muthawif. Mereka dinilai mampu membimbing ibadah, juga bagus cara berkomunikasi serta pengetahuan sejarahnya karena mereka akan mendampingi rombongan untuk tur keliling kota.

5.      Manasik Fleksibel

Selain itu, Hasanah mengupayakan jadwal manasik yang fleksibel agar jamaah dapat mengikuti pembekalan ini biar mereka paham apa saja yang akan dilakukan di Tanah Suci, bagaimana tata cara serta doanya. Jangan sampai, jamaah berangkat ke Tanah Suci dan kebingungan apa yang harus mereka lakukan di sana? Hasanah menginginkan ada suasana batin yang berbeda di hati jamaah sebelum dan sesudah keberangkatan. Lebih tenang, khusyuk dan bahagia.

Beberapa jenis paket ibadah dan wisata di Hasanah Tour and Travel Semarang:

1.      Haji Plus, antrean sekitar 5-7 tahun. Pembiayaan Haji Plus bisa dengan cicilan di lembaga mitra Hasanah. Biayanya sekitar $16.000.

2.      Haji Reguler, Haji yang didaftarkan di Kemenag dan antrean jadwal berangkatnya sudah puluhan tahun.

3.     Haji Furoda, biayanya cukup besar tapi tanpa antrean dan bisa langsung berangkat. Hanya saja, visanya keluar mepet dengan jadwal keberangkatan. Haji Furoda aman dan legal. Ada dua paket haji dengan biaya $17.000 dan $ 25.000. 

Ibadah Haji dan Umrah Lebih Tenang dan Khusyuk Bersama Hasanah Tour & Travel Semarang

4.      Paket umrah yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan jamaah. Jamaah di kota besar biasanya memilih umrah yang waktunya tidak terlalu panjang karena menyesuaikan cuti di kantor. Sedangkan jamaah dari kalangan petani dan pengusaha biasanya memilih paket umrah yang lebih panjang waktunya. 

      Hasanah menyediakan paket umrah ramadan, paket umrah musim dingin free wisata thaif, paket umrah plus wisata halal ke Turki.

5.      Pelayanan badal haji dan umrah untuk kerabat jamaah yang lansia dan tak kuat fisiknya untuk berhaji atau umrah, untuk kerabat yang sakit parah atau pun telah meninggal dunia. Badal haji biayanya sekitar 25 juta rupiah dan badal umrah sebesar 3.5 juta rupiah.

6.    Ada juga paket umrah privat yang biayanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dana jamaah. Waktunya juga sesuai permintaan jamaah.  Jadi, jamaah bebas atur bujet, waktu keberangkatan dan fasilitas umrah yang diinginkan.

7.      Wisata Halal, Hasanah Tour and Travel memiliki paket wisata halal seperti ke Turki dan Uzbekistan.

Ibadah Haji dan Umrah Lebih Tenang dan Khusyuk Bersama Hasanah Tour & Travel Semarang

Bu Rita bercerita bagaimana staf Hasanah melayani jamaah bak saudara. Ia kerap mendampingi jamaah yang menggunakan kursi roda. Jika ada yang masuk angin, kerokan deh. Ketulusan terpancar dari Bu Rita yang antusias bercerita tentang pengalaman mereka mendampingi jamaah. 

Pengalaman berkesan selama mendampingi umrah juga diceritakan Bu Rita. Saat itu, udara sangat dingin sekali. Bu Rita menggigil kedinginan. Tak disangka, seorang ibu paruh baya tiba-tiba mencoleknya dan mengulurkan sepasang kaos kaki wol yang hangat. Bu Rita terharu sekali, betapa Allah langsung mengabulkan permintaan hamba-Nya di Tanah Suci. Ia mengenakan kaos kaki wol yang hagat itu dengan penuh rasa syukur. 

Baca Juga: Pentingnya Tadabur Quran Setiap Hari

Ketulusan ini begitu kental terasa hingga jamaah Hasanah enggan berpisah setelah ibadah usai. Mereka pun membentuk komunitas pengajian yang anggotanya adalah jamaah yang pernah umrah dan haji bersama Hasanah Tour and Travel. Ada jadwal kajian dan mengaji rutin, juga pertemuan melepas rindu diantara anggota. Wah, jadi ingin bergabung ya jadi jamaah Hasanah Tour and Travel Semarang. Persaudaraannya terasa begitu erat.

Nah, bagaimana? Keinginan untuk berumrah dan berhaji makin menggebu ya karena baca artikel ini. Saat kunjungan blogger Semarang ke kantor Hasanah Tour and Travel di Simpang Lima Semarang, rasa rindu dan keinginan berangkat ibadah kian menjadi. Rindu sekali ingin menjadi tamu Allah suatu saat nanti. 

Ayo, tuntaskan rindu kalian pada Baitullah dengan datang berkunjung ke kantor Hasanah Tour and Travel dan berdiskusi langsung dengan staf Hasanah yang ramah. Tak ada lagi kekhawatiran. Insya Allah, Hasanah Tour & Travel akan membantu perjalanan ibadah kalian agar lebih khusyuk dan tenang. Untuk informasi lebih lanjut, juga bisa menghubungi WA Ruang Aksara 0857-4193-4109 ya!

Hasanah Tour and Travel Semarang

Kompleks Masjid Raya Baiturrahman

Jalan Pandanaran No. 97A, Pekunden 

Simpang Lima, Kota Semarang

Buka Senin-Sabtu Pukul 08-00-16.00 WIB


Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

19 Comments

  1. Miris banget ya kalau ada tour travel haji umroh yg nipu kasian para jamaahnya. Makanya kita harus cari biro terpercaya ya. Hasanah tour travel Insya Allah amanah terus ya

    ReplyDelete
  2. kalo travel haji dan umrohnya terpercaya sejak lama dan terbukti pastinya bikin nyaman buat para tamu allah untuk beribadah ya

    ReplyDelete
  3. Berkat amanahnya yang terpelihara, jadi membuat nyaman jamaah. Ini yang harus dipertahankan oleh Hasanah ya.
    Cuss semangat beribadah buat para jamaah, dengan penuh keberkahan

    ReplyDelete
  4. Wihh itu umroh plus Aqsa ada yah? Jadi pengen umroh lagi deh semoga diundang kembali untuk umroh sekaligus ke aqsa pengen banget

    ReplyDelete
  5. Sedih banget kalau ada orang ketipu saat mau ibadah. Emang orang makin jahat2 dan serem, bahkan yang berkaitan dengan ibadah aja dipakai buat menipu.
    Namun semoga saja Allah sudah mencatat niat baik mereka yang mau umroh itu ya mbak.
    Buat yang berencana umroh ada baiknya cek dulu bagaimana validitas sebuah agen travel umroh buat jaga2 supaya nggak ketipu ya.
    Hasanah Tour ini bisa jadi pilihan.

    ReplyDelete
  6. Spesial banget nih mba Hasanah Tour and Travel yang memfasilitasi manasik dengan waktu fleksibel, memudahkan jamaah banget nih. Jadi bisa menyesuaikan dengan waktu luangnya. Sudah gitu di dampingi tim profesional. Beneran ciamik deh, bikin perjalanan ibadah makin tenang, nyaman dan juga fokus.

    Paketan ibadah umroh, haji bahkan wisata halalnya pun sangat menarik banget. Kalau baca artikel terkait umroh dan haji auto menggebu pengen segera menunaikan kedua ibadah tersebut.

    ReplyDelete
  7. Dalam memilih travel umroh memang harus melihat rekam jejak dulu sebelum menentukan pilihan. Dari segi perijinan serta review dan testimoni para pengguna travel tersebut. Nah di Semarang, Hasanah Tour & Travel ini bisa jadi salah satu rekomendasi.

    ReplyDelete
  8. Ya Allah, sedih banget yaa para korban yang ketipu ini. Semoga digantikan dengan rezeki yang lebih baik. Makasih sudah share tips-nya, Mbak, penting banget agar bisa memilih jasa yang tepercaya.

    ReplyDelete
  9. sayang banget, travelnya jauh di semarang. sudah buka cabang belum ya di palembang?

    ReplyDelete
  10. rekomen yah mba travel agent untuk umroh dan haji, punya banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan dan keuangan yang akan menggunakan jasanya Hasanah tour dan travel

    ReplyDelete
  11. memang kalau untuk ibadah umroh kita harus benar-benar hati-hati memilih travel ya, mbak. sebisa mungkin pilih yagn amanah dan memberikan pelayanan yang memuaskan. jangan sampai deh tertipu sama travel yang ternyata bawa kabur uang jamaah

    ReplyDelete
  12. Wah lengkap ini layanannya, mulai dari umroh, haji sampai wisata halal ada...Tak mudah mendapatkan travel seperti Hasanah Tour and Travel ini, yang melayani haji plus dan umrah dan mengedepankan layanan yang amanah, ramah, dan penuh totalitas

    ReplyDelete
  13. Wah lengkap ini layanannya, mulai dari umroh, haji sampai wisata halal ada...Tak mudah mendapatkan travel seperti Hasanah Tour and Travel ini, yang melayani haji plus dan umrah dan mengedepankan layanan yang amanah, ramah, dan penuh totalitas

    ReplyDelete
  14. Biar ibadah umroh lebih khusyuk dan berkah, persiapannya emang mesti matang ya maaak.. salah satunya dengan memilih travel agent yang terpercaya seperti hasanah travel semarang ini yaaa

    ReplyDelete
  15. Penting banget memilih travel umroh yang amanah untuk mengurus perjalanan ibadah umroh kita ya Mbak. Pengalaman mendengar sharing Ibu Rita, aku makin yakin ingin gabung misal ada rejeki berangkat umroh bersama keluarga

    ReplyDelete
  16. Bismillah ya
    Semoga kelak bisa umroh dan haji pakai biro travel Hasanah
    Dari namanya saja sudah baik
    Semoga juga pelayanannya demikian dan dijaga serta ditingkatkan terus sepanjang masa

    ReplyDelete
  17. tega banget orang yang jual agama demi keuntungan pribadi, harus ekstrak hati-hati kalau nyangkut uang jangan sampai terualang. Hasanah travel cabangnya dmn aja yaa?

    ReplyDelete
  18. Semoga Travel Hasanah tour selalu memberikan yg terbaik buat calon jemaah umroh. Sebetulnya mudah sih travel umroh bisa berkembang pesat intinya Amanah, Memuaskan dan Terbuka

    ReplyDelete
  19. Banyak banget ya travel umroh yang abal-abal. Suka kasian sama yang udah nabung bertahun-tahun. Emang kalau untuk ibadah, kita harus cari tau secara detail, contohnya kaya jasa travel umroh yang satu ini, kantornya ada, pelayanan yang cukup baik dan bertanggung jawab

    ReplyDelete
Previous Post Next Post