Beli Tas Kulit Asli dari Kenes Leather Bantul, Yogya

Dear Teman,

Salah satu wishlist-ku tuh aku ingin punya tas kulit asli. Selama ini, aku punya tas berbahan kulit sintetis, kanvas, atau kain. Belum ada yang bahannya kulit asli. Maklum, tas dari kulit sapi asli biasanya harganya lebih mahal ya daripada tas lainnya.

Beli Tas Kulit Asli dari Kenes Leather Bantul, Yogya

Nah, pas 8.8 bulan ini, aku buka-buka aplikasi toko hijau dong. Terus, iseng mengetik tas wanita kulit asli di rab pencarian. Hehe, habis klik terbitlah banyak sekali toko yang menjual tas kulit. Kebanyakan sih, toko-toko lokal yang menjual tas kulit buatan perajin dari Garut, Sidoarjo,dan kota lainnya.

Mamaku pecinta tas juga sering bilang kalau tas kulit buat perajin lokal aroma kulitnya khas banget. Beda dengan tas kulit asli buatan luar.

“Jangan-jangan punya Mama bukan tas kulit asli?” ledekku.

Mama tak terima. “Ini asli lagi! Mungkin cara pengolahan kulit lokal dan luar berbeda ya jadi aroma tas kulit dari luar nyaris tak ada.”

Benarkah? Wallahualam.

Baca Juga: Review Ransel Hush Puppies

Mataku tertuju pada toko Kenes Leather. Kok familiar ya? Ulala, ternyata nama brandnya mirip tas lokal Semarang yang terkenal yaitu RoroKenes. Nah, Kenes Leather ini merupakan brand produk tas kulit dari Bantul, Yogyakarta. Aku pernah melihat gerai Kenes Leather ini di Botani Square Bogor dan Ciputra Mal Semarang. Ternyata, gerai mungil Kenes juga ada di Bekasi. Tokonya paling besar tentu saja di Bantul, ya.

Nah, saat melihat-lihat tas wanita kulit asli di etalase online Kenes Leather, aku ngiler asli. Tas-tas dan aneka dompet yang dijual di Kenes Leather ini cantik-cantik modelnya. Mereka juga tidak banyak meniru atau dupe model tas luar yang beken. Aih, mau, mau..

Beli Tas Kulit Asli dari Kenes Leather Bantul, Yogya

Sayang, kantong sedang tidak baik-baik saja. Bulan Juli dan Agustus ini banyak pengeluaran, huhu. Jadinya, scroll toko online Kenes sambil bersenandung aku tak baik-baik saja. Haha. Pilu rasa hati karena ingin sekali meminang tas Kenes tipe Candy sling and handbag yang sedang open PO diskon 20% apa daya duit tak ada. Huhu.

Padahal, harganya tak mahal-mahal amat lho. Setelah didiskon jadi Rp520.000. Cinta tak harus memiliki kan, Shaay..daripada internetku diputus karena nggak bayar tagihan? Wkwkw.

Baca Juga: Review Tas Osaka dari Hey Local

Teruslah aku scroll di Kenes dan menemukan sebuah sling bag lucu dan tampilannya warna-warni. Tipe Perca. Modelnya biasa saja kotak begitu, yang unik tampilannya terbuat dari potongan sisa kulit warna-warni yang dijahit jadi satu. Unik banget. Mirip kain perca. Lucuu. Ukurannya 20 cm x 24 cm. Pas lihat harganya, hm kok terjangkau, ya? Harganya Rp180.000 diskon jadi Rp135.000. Free ongkir. Haruskah kuadopsi dia?

Baca-baca komentarnya rata-rata bagus skornya. Paling komentarnya di bagian tali tas yang terlalu tipis jadi rawan putus. Jadinya, kurang bisa bawa banyak barang walaupun tasnya cukup besar.

Ternyata, warnanya macam-macam lho tipe Perca ini. Ada yang warna-warni kayak kain perca. Ada pilihan warna hitam, cokelat, dan lainnya. Akhirnya, aku yang cekak ini memutuskan beli tas ini yang warna mix colour. Hihi. Bismillah.

Beli Tas Kulit Asli dari Kenes Leather Bantul, Yogya

Tiga hari kemudian, tasnya datang. Jeng jeng, excited dong. Biar bisa ditukar jika ada kerusakan kita wajib unboxing paket dengan teliti. Paketnya berupa kotak kardus besar. Di dalamnya, ada dust bag berisi tas Kenes Leather. Pas kubuka, tadaa, tasnya cantik! 

Memang sih, bodi tasnya terkesan ringan dan ringkih. Tidak kokoh. Beda dengan tas yang harganya mahal. Hihi. Ada harga, ada rupa. Kulitnya kalau disentuh tidak lembut dan agak kaku. Aromanya sih kulit asli. Tasnya dilengkapi ritsleting kuningan. Jadi, lebih aman dipakai.

Benar saja komentar para pembeli, tali tasnya irit pisan. Tipis, hihi. Tali tasnya adjustable bisa dipanjangkan atau dipendekkan. Hanya, lubangnya sedikit jadi ya harus dilubangi sendiri kalau ingin talinya lebih pendek. Kerjaan lagi, hihi. Tadinya, pengen kuganti dengan tali tasku yang lain tapi ternyata nggak bisa dilepas talinya. Tapi, bisa jadi warning nih biar nggak kalap mengisi tas dengan macam-macam barang. Secukupnya saja. Tapi, aku suka modelnya. Lucu banget. 

Beli Tas Kulit Asli dari Kenes Leather Bantul, Yogya

Bagian dalamnya dilapisi kain furing warna cokelat dan bagian dalamnya cukup luas. Ada kantong di bagian dalam dengan ritsleting. Pas aku pakai cakep banget. Happy deh. Haha. Ah, akhirnya bisa punya tas kulit cantik. Next, mau beli tas kulit asli yang kualitasnya lebih bagus lagi ya. Semoga tas ini awet kupakai, aamiin. Kepo dengan tas kulit ini? Intip deh Instagram @KenesLeather.

 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

12 Comments

  1. Setelah mba ulas tentang kenes leather, akupun jadi kepo scroll cari IG nya pengen lihat koleksi tas nya. Dan ternyata benar kata mba, model tasnya itu gak ngikutin yang mana. Tapi kalau di pakai modelnya tentu long last gitu, gak ketinggalan model. Langsung masukin dulu ke keranjang, ntar pas gajian langsung check put untuk Olivia Bag nya. hihihihi

    ReplyDelete
  2. Waktu aku ke Jogja, aku ke kampung kulit Manding mba. JD memang di satu kampung itu semuanya pekerja kerajinan kulit. Gilaaa seneng banget dpt dompet, tas dari kulit asli. Yg aku beli dompet kulit pari , ini jaraaang banget. Trus ada tas dan dompet kulit sapi. Muraaah, starting 300rb, tp kalo udah masuk mall, ini bisa sejutaan sih. Makanya LGS borong . JD tiap ke Jogja, yg ada selalu pengen ke kampung kulit Manding ini.

    ReplyDelete
  3. Cakep-cakep modelnya mbak.. Aku support sih kalo produk-produk gini, apalagi kalau kualitasnya bisa terus dijaga. Semoga yaaa bisa terus bertumbuh dan berkembang, biar kita senantiasa cinta produk lokal ke depannya.

    ReplyDelete
  4. Mbaaaa tasnya lucu, sepertinya perlu di keranjingin dulu aja ini product karena samapun ini kantong sedang tidak baik-baik saja. Semoga segera yaa kantong dan rekening kita semua baik2 kembali, hihihi

    ReplyDelete
  5. Aku bangga banget dengan pengrajin kulit asli Indonesia, salah satunya Kenes Leather. Kualitas produk mereka nggak kalah dengan merek-merek internasional. Selain itu, dengan membeli produk lokal, kita juga turut membantu perekonomian masyarakat sekitar.

    ReplyDelete
  6. Sayang banget ya, talinya tipis. Dari ukurannya yang gedhe, harusnya disesuaikan sama talinya. Biar bisa muat banyak. Secara, cewek kalau bawa tas gedhe tuh maunya diisi banyak hal. Hehehe....

    ReplyDelete
  7. Auto langsung kepoin si Kenes donk jadinyaaa hehehe...
    Dan memang bagus2 sie ini mbaaa...aku juga belum punya tas kulit asli deh yang ada tas sintetis saja....bisa nie nanti kalo ada budget meminang salah satunya aamiin

    ReplyDelete
  8. ada harga, ada kualitas yang kita dapet
    apalagi kalau dapet tas kulit asli yang modelnya juga bagus, pasti kepikiran. Soalnya aku juga gini
    meskipun hari ini ga beli, tapi beberapa hari kemudian ya dibeli juga.
    Tas kulit ini juga awet selama kita melakukan perawatan yang tepat

    ReplyDelete
  9. Masya Allah, akhirnya ada yang bahas terkait tas kulit Kenes Leather. Baru-baru ini aku tuh iseng main-main ke mall Botani Square Bogor dan sempet masuk ke gerainya Kenes Leather serta punya satu tas yang ku jadikan wishlist.

    Mudah-mudahan saja, aku pun bisa segera wujudin wish list ku. Jujyrly selama inintas ku kebanyakan ransel kan, kadang pengen juga gitu punya tas selempang yang berbahan kulit asli.

    Seneng banget rasanya, saat mba Dedew bisa meminang tas kulit yang cantik ini 😍
    Sudah gitu bahannya oke banget ya mba, bahkan bagian dalam tas pun mantep nih. Terpenting space nya lumayan luas juga.

    Memang beda kalau tas kulit asli itu, ada sebuahbrasa bahagia yang lebih saat bisa mewujudkan impian buat beli tas kulit.

    ReplyDelete
  10. Haah tas kulit asli harganya gak sampai 200.000 itu murah bangeeet. Emang cocok dibawa untuk jalan ke mall atau ke taman yaa Mbak. Bawa HP, dompet, powerbank, tisu, udah cukup deh. Jadi penasaran aroma tas kulit asli seperti apa?

    ReplyDelete
  11. Kalau tas berbahan kulit yang berkualitas pastinya akan menjadi sebuah tas yang sangat cantik dan enak dipandang, apalagi memang bisanya bagus dan juga menarik

    ReplyDelete
  12. Lucu banget mba tasnya, wah nanti kalau ke Jogja lagi saya harus ke tempat ini mba, kayaknya tasnya unik-unik ya modelnya, apalagi terbuat dari kulit niy, meskipun Bantul lumayan kalau dari kota

    ReplyDelete
Previous Post Next Post