Buat Rate Card Mudah dan Murah di Web Kol.id Berteknologi AI

Dear Teman,

Kalian masih semangat ngeblog, bikin konten di media sosial alias jadi influencer, kan? Toss. Alhamdulillah, walaupun sudah menjalani pekerjaan ini selama bertahun-tahun, aku masih semangat untuk berbagi perasaan dan pengalaman lewat blog. Juga berbagi konten menarik sebagai influencer dan content creator.

Buat Rate Card Mudah dan Murah di Web Kol.id Berteknologi AI

Ngeblog adalah passion aku sejak dulu. Lewat blog, aku bisa berbagi pengalaman dan ilmu, sebagai sarana relaksasi, memperluas jaringan pertemanan, hingga mendapatkan penghasilan! Jadi, ngeblog bagiku bukan lagi sebagai hobi tapi sebagai profesi. Kalau kalian bagaimana?

Sebagai blogger, pekerjaan kita semakin berkembang, kan. Kini, kita tak melulu ngeblog. Sekarang, pekerjaan kita berkembang sebagai content creator dan influencer berkat popularitas media sosial saat ini. Sebut saja Instagram dan TikTok.

Apa itu KOL? KOL adalah Key Opinion Leader yaitu individu atau entitas yang diakui sebagai ahli atau otoritas di bidang tertentu. KOL ini sering juga disebut influencer. KOL dianggap sebagai pemberi informasi yang dapat dipercaya oleh individu-individu dalam industri. Melakukan kerjasama dengan mereka bisa meningkatkan reputasi sebuah brand. Keren, ya?

Tawaran Kerjasama untuk Blogger dan Influencer

Nah, sebagai blogger dan influencer, kita kerap mendapatkan tawaran kerja sama dari berbagai pihak seperti brand, instansi, yayasan dan lainnya. Tawaran kerja samanya beragam. Mulai dari menulis ulasan produk sebuah brand di blog, membuat konten review produk di media sosial, hingga tawaran lain seperti mengajar kelas blog atau kelas menulis, dan lainnya.

Tentu saja, sebagai blogger dan influencer kita hepi dong menerima berbagai tawaran itu. Artinya, kita dipercaya oleh brand atau instansi dan lembaga lain untuk bekerja sama dengan mereka. Kita dianggap mampu dan cocok untuk mengulas sebuah produk dengan baik. Apapun tawarannya, tentu saja harus kita kerjakan dan jalankan dengan profesional dan sepenuh hati ya.

Buat Rate Card Mudah dan Murah di Web Kol.id Berteknologi AI

Ingat, pekerjaan yang kita lakukan dengan sepenuh hati maka hasilnya akan terlihat jelas. Beda, kalau kita mengerjakan suatu proyek setengah hati. Maka, artikel atau video kita akan nampak asal-asalan dan kurang memuaskan.

Padahal, kita tahu profesionalisme adalah kunci kesuksesan para blogger dan content creator. Selain itu, attitude juga sangat penting. Bagaimana kita bisa membawa diri kita dengan baik di hadapan klien. Apakah kita sopan, ramah, dan mendengarkan keinginan klien dengan baik. 

Jangan sampai, hasil kerja kita yang keren itu tertutupi attitude kita yang kurang baik seperti kurang sopan atau datang terlambat saat pertemuan. Sehingga klien kapok dan tak mau lagi bekerjasama dengan kita. Rugi, kan?

Kesan Pertama Selalu Menggoda

So, dalam berhubungan dengan klien kita harus mendapatkan kesan yang baik sejak awal pertemuan. Bagaimana tuh? Ya, diawali saat kita mendapatkan surel atau DM dari pihak brand untuk mengajak bekerjasama.

Pertama, rajinlah membuka surel dan DM akun media sosialmu. Jangan biarkan surat penawaran kerjasama dari brand menunggu berhari-hari untuk dibuka. Bisa-bisa, mereka ilfil dan mencari blogger lain untuk diajak bekerjasama. Jadi, fast response itu penting sekali dalam hubungan bisnis.

Kedua, Balaslah surat penawaran dari brand dengan sopan dan jawablah berbagai pertanyaan mereka dengan lengkap dan mendetail. Biasanya, pihak brand akan meminta nomor kontak kita seperti Whatsapp agar bisa lebih mudah berbicara dengan kita.  

Ketiga, berikan rate card dan portofolio pekerjaanmu. Biasanya, brand akan meminta rate card kita. Nah, permintaan rate  card ini yang biasanya membingungkan bagi pekerja kreatif seperti kita.

Bagaimana Menentukan Rate Influencer?

Kita bingung menentukan berapa rate atau tarif kita untuk berbagai pekerjaan. Sebut saja rate satu artikel beserta foto-fotonya di blog, rate untuk posting satu foto atau short video di reels atau feed Instagram. Belum lagi, rate posting short video di Tiktok. Nah, lho!

Pertanyaan tentang rate card ini yang kadang membuat blogger menghilang dan lama membalas DM dari brand atau klien. Tentu saja, klien jadi bingung. Mana balasan bloggernya, apakah dia butuh bersemedi untuk cari wangsit membuat rate cardnya? Hihi. Kita jadi keder membalas surel.

Buat Rate Card Mudah dan Murah di Web Kol.id Berteknologi AI

Padahal namanya kerja sama pasti yang ditanyakan duluan ya berapa rate kita untuk mengerjakan pekerjaan sebagai blogger dan influencer? Nggak mungkin kan, mereka bertanya kita sudah makan atau belum? Sudah mandi atau belum? Hihihi.

Kalau pertanyaan tentang rate card adalah sebuah keniscayaan, mengapa kita kesulitan tiap mendapatkan  pertanyaan ini? kenapa tidak mempersiapkan rate card kita sebelumnya? Seperti para pelamar pekerjaan menyiapkan CV mereka?

Menurutku, jawabannya mungkin karena menentukan tarif jasa kita sebagai blogger cukup rumit. Berapa harga yang pas untuk kita menulis artikel di blog? Berapa harga satu konten short video di feed Instagram kita? Setiap blogger punya rate yang berbeda.

Apalagi, rank setiap blog milik blogger juga bervariasi. Ada yang memiliki skor Domain Authority tinggi, ada yang biasa saja. Ada yang pengunjung organik blognya banyak dan sebagainya. Jadi, besaran fee setiap blogger bisa berbeda-beda walaupun sama-sama blogger, ya.

Begitu juga job kita sebagai influencer di media sosial. Untuk satu pekerjaan yang sama, bisa saja rate setiap influencer berbeda. Mengapa? Ya, tergantung dari berbagai komponen misalnya jumlah pengikut di media sosial, jumlah engagement tiap postingan dan lainnya. Rumit, kan?

Jadi, menentukan harga yang tepat adalah dilema. Apakah harga yang kita tawarkan kemahalan? Nanti brand pada kabur membaca rate card kita. Atau justru harga yang kita tentukan malah terlalu rendah dan merugikan kita sebagai blogger? Dapat capeknya doang, plis! Hehe.

Nah, untuk kamu yang punya kesulitan menentukan rate card kamu, sekarang jangan pusing-pusing lagi, ya. Ada website untuk Buat Rate Card, lho! Namanya www.kol.id. Nah, sebagai KOL atau influencer kamu bisa dengan mudah menentukan rate kamu via web ini menggunakan teknologi AI yang sedang ngetren.

Aku baca di laman web ini, riset kol.id membuktikan bahwa sekitar 250.000 influencer pasang tarif terlalu murah. Sedangkan sekitar 100.000 lainnya malah pasang tarif kemahalan. Waduh! 

Cara daftarnya mudah. Kamu tinggal sign up di web ini dengan memasukkan nomor telepon kamu. Setelah itu, kamu akan mendapatkan kode verifikasi via WA. Nah, setelah itu login deh!

Kamu bisa langsung membuat rate card lho di dashboard kamu. Biayanya juga terjangkau mulai Rp20.000-Rp300.000,- per tahun! Murah meriah kan? Jadi, berakhir sudah kepusingan kamu! Rate Card kamu sudah tersedia! Semangat cari cuan, ya Teman!

Sumber Foto: Pixabay.com

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

2 Comments

  1. Nah ini dia informasi yang aku butuhin. Pas banget mau bikin ratecard biar makin gaspol

    ReplyDelete
  2. wah asik nih jadi lebih mudah bikin rate card ya, biasanya suka malas akutuh mba bikin rate card makanya jarang dapat job hahahah

    ReplyDelete
Previous Post Next Post